Cara Mencukur Rambut Bayi Haruslah Hati-hati



Cara mencukur rambut bayi kerap menjadi kegelisahan individu maupun kolektif keluarga baru yang baru saja memiliki anak. Ihwal cukur rambut ini telah menjadi tradisi oleh beberapa agama maupun kepercayaan di dunia ini. Di Arab, memotong rambut bayi berlangsung pada 7 hari setelah sang bayi lahir. Umat Islam memperingatinya dalam acara akikah yang mencukur rambut bayi kemudian rambut tersebut ditimbang dan berat rambut itu akan dijadikan patokan untuk pengeluaran harta demi disedekahkan pada fakir. Demikian pula cara mencukur rambut bayi bagi masyarakat Hindu yang memiliki kebiasaan memangkas rambut sang jabang bayi dalam rangka membersihkannya dari pelbagai hal negatif dalam kehidupan sebelum bayi itu lahir.

Cara Mencukur Rambut Bayi yang Benar untuk Anda

Secara medis, pencukuran rambut bayi akan berdampak pada tercukupinya pasokan nutrisi ke dalam foliket rambut bayi sehingga akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik lagi. Berikut dipaparkan cara mencukur rambut bayi dari perspektif kedokteran. Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan bayi sebelum dicukur dengan beberapa persiapan: dilakukan pencukuran saat kepala bayi bersih, menggendong bayi senyaman mungkin sehingga tak ada bagian kepala bayi yang terhalangi, dan kalau bisa bayi sedang dalam keadaan tidur. Pertama, tatkala Anda hendak mencukur rambut bayi, maka Anda tak perlu berfokus pada gaya rambut yang seperti apa yang akan Anda kehendaki. Namun, cara mencukur rambut bayi pertama harus menyeluruh ke tiap helai rambut bayi dan janganlah memakai gunting rambut listrik karena akan terlalu berisiko. Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa sang bayi lagi sehat atau tidak, sebab jika ia tak sehat janganlah dipaksa untuk dipotong rambutnya karena akan menangis.

Kedua, Anda perlu mencari waktu yang tepat untuk membawa bayi Anda dalam mencukur rambutnya karena itulah cara mencukur rambut bayi yang baik secara medis. Usahakan pada pagi hari yang cerah Anda melakukan cukur rambut tersebut agar bayi mendapatkan vitamin D dari radiasi matahari. Ketiga, basahi rambut sang bayi itu dengan air yang hangat. Anda tak perlu membasahi rambutnya terlalu banyak, supaya sang bayi tak kedinginan. Keempat, renggangkan dengan sangat hati-hati kulit kepala sang bayi dengan jari telunjuk dan jari tengah. Setelah itu, cara mencukur rambut bayi  yang baik ialah mencukurlah rambut bayi secara searah dengan pertumbuhan rambutnya.

Kelima, apabila kulit kepala bayi Anda tergores gegara alat cukur, maka segeralah berikan antiseptik dengan kapas. Keenam, setelah selesai semuanya bersihkanlah kepala sang bayi dengan air hangat dan keringkan di dekat pancaran sinar matahari. Perlu Anda ketahui pula tentang tata cara mencukur rambut bayi, bahwa Anda tak perlu panik dalam memotong rambut si kecil. Sebab, rambut bayi setelah dipotong pastilah akan tumbuh lebat sesuai dengan harapan Anda. Dengan begitu, jika Anda tetap khawatir, berikanlah kesempatan pada orang yang lebih tua yang dapat dan berani mencukur rambut sang bayi.

Cara Mencukur Rambut Bayi dan Aturan-aturan yang Harus Anda Ketahui



Selain perspektif medis yang sangat menganjurkan bayi untuk dicukur rambutnya, dari sudut pandang Islam pun terdapat hukum yang mengatur boleh atau tidaknya. Hukum mencukur rambut bayi laki-laki dan perempuan dalam Islam adalah boleh. Dari tafsir tiap dalil yang ada, antara bayi laki-laki dan perempuan sifatnya sama dan umum dan tak ada pengkhususan terhadapnya. Selain itu, dari segi kesehatan pencukuran rambut juga dapat meningkatkan aliran darah ke kepala dengan lancar, mengangkat sisa lemak yang ada di kepala serta kotorannya, dan sebagainya. Demikianlah pemaparan tentang cara mencukur rambut bayi.

Untuk Anda Yang membutuhkan Alat cukur rambut bayi yang AMAN Dan Bagus bisa KLIK Pada Gambar 




Tidak ada komentar:

Cara Mencukur Rambut Bayi Haruslah Hati-hati